Apabila komputer kita sudah terpasang modem dan sudah terinstal drivernya, maka kita sudah bisa mulai terhubung dengan internet dengan beberapa pilihan:
1.   Melalui jaringan telepon secara langsung (dial up)
Jaringan internet dapat kita akses secara langsung lewat line telepon yang ada di rumah kita. Perangkat yang diperlukan adalah komputer, modem, line telepon. Kita tnggal menghubungi ISP agar bisa terhubung dengan internet misalnya telkomnet instan. Semakin lama kita memakai maka biaya semakin banyak
2.   Melalui jaringan GPRS GSM
GPRS (General Packet Radio Service) juga bisa dimanfaatkan untuk terhubung dengan internet. Kecepatan GPRS lebih tinggi dari pada dengan dial-up. Keuntungan lainnya adalah dapat digunakan secara mobile (bergerak). Tarif yang diterapkan berdasarkan besar data yang diakses, tidak tergantung oleh waktu.
3.   Melalui jaringan CDMA
CDMA (Code Division Multiple Access) merupakan teknologi yang melebihi GSM. Koneksi CDMA saat ini mancapai 230 kbps dan kecepatan download 153 kbps. Kecepatan CDMA melebihi kecepatan sistem dial-up. Dengan menggunakan sistem CDMA kita dapat menggunakan hand phone sebagai modem yang dihubungkan dengan komputer/laptop kita.
4.   Melalui jaringan Wifi
Wifi (wireless fidelity) merupakan jaringan untuk mengakses internet tanpa kabel yang menggunakan teknologi GPRS. Dengan melengkapi komputer/laptop  kita dengan card wifi maka kita sudah bisa terhubung dengan internet tanpa kabel. Saat ini di perguruan tinggi sudah banyak yang menyediakan fasilitas wifi sehingga setiap mahasiswa atau dosen dapat terhubung dengan internet secara gratis.
5.   Dengan jaringan TV Kabel
Jaringan TV kabel dapat digunakan koneksi internet dengan kecepatan maksimum 27 Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5 Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna)
6.   ISDN dan ADSL
Sambungan juga dapat melalui saluran ISDN (Intregated System Digital Network) dan ADSL (Asymatric Digital Subscriber Line), maupun via satelit melalui VSAT (Very Small Aperture Terminal)
ISDN merupakan jalan untuk melayani transfer data dengan kecepatan lebih tinggi melalui saluran telepon regular. Kecepatan transfer data hingga 128.000 bps.
ADSL merupakan sebuah tipe DSL dimana upstream dan downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda. Downstream biasanya lebih tinggi yang memungkinkan hingga 1,544 mbp dan 128 bps untuk upstream.

      Sambungan Internet Melalui Proses Dial-Up
Bila semua hardware dan software telah terpasang. Maka kita dapat mengakses ke ISP, berikut langkah-langkah untuk terhubung ke ISP.
1.   Klik Start – All Program – Accessories – Communication – New Connection Wizard, sesuai dengan gambar







2.   Akan muncul kotak dialog new connection wizard









3.   Klik Next, sehingga akan muncul new connention Wizard-Network Connection Type









4.   Klik pilihan Connect to the internet, untuk terhubung dengan jaringan internet








5.   Klik tombol next lagi sehingga New Connection Wizard-Getting Ready










6.   Klik pilihan Set Up my connection manually, untuk koneksi ke internet secara manual.

7.   Klik tombol Next lagi sehingga muncul kotak dialog berikut
8.   Klik pilihan Connect Using a dial-up modem lalu klik Next lagi sehingga muncul gambar berikut
9.   Isi ISP Name missal: telkomnet lalu klik Next. Lalu isi Phone number dengan: 080989999 lalu klik next. Kemudian isi user name dengan telkomnet@instan, password dengan telkom, Confirm password dengan telkom, lalu klik next. Akan muncul gambar seperti ini








10. Beri tanda centang pada Add a shortcut to the connection to my desktop dan klik finish.
11. Untuk memulai koneksi internet kita tinggal meg klik 2x shortcut telkomnet pada desktop. Lalu klik dial, tinggal menunggu terhubung kemudian kita buka browser kita.